Keuntungan Valvematic di NAV1

toyota nav1, toyota di jakarta
ToyotaJakarta.com - NAV1 memiliki teknologi valvematic yang membuat mobil disebut-sebut lebih irit tapi di sisi lain lebih bertenaga dari mobil lain dengan cc yang sama.

Bagaimana soal perawatannya? Apakah harus ada perawatan khusus di valvematic?

"Basicly enggak ada perawatan hanya ganti oli saja," ujar General Manager Technical Service Division PT
Toyota-Astra Motor Dadi Hendriadi di sela-sela media test drive Toyota NAV1 di Cirebon.

Dadi sebelumnya menuturkan di masa depan mobil Toyota bisa menggunakan teknologi valvematic. "Semua bisa pakai valve matik cuma akhirnya kalau kecil berat dengan mekanismenya. Saya pikir 2.000 cc ke atas, tapi teknologi ke depan saya rasa bisa saja di bawah 1.000," ujarnya.

Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continous valve lift control bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-i.

Sistem Valvematic juga tidak tergantung pada fungsi throttle valve karena mengatur sendiri volume intake udara menggunakan valve lift.

"Apa untungnya? Konsumsi BBM lebih bagus dan respons engine lebih cepat, pada saat kita gas, revolution engine cepet naiknya," ujarnya.

Keuntungan lain adalah tenaga yang lebih meningkat karena bukaan katup bisa lebih besar lagi.

"Pada saat gas ditekan habis si katup (intake udara) akan membuka lebih besar sehingga banyak udara yang masuk dan meningkatkan tenaga," ujarnya.

Keuntungan lain sistem ini adalah emisi yang lebih bersih. Sistem dapat mempertahankan kecepatan udara pada putaran mesin rendah dengan jumlah angkatan katup yang lebih kecil.

Toyota mengklaim penggunaan teknologi ini memungkinkan NAV1 memiliki angka konsumsi BBM irit sebesar 1:12.

Mereka juga menilai keiritan mobil lebih bagus 5-10 persen dibanding mesin lain dengan kapasitas mesin yang sama.

Begitu pula performa, lebih tinggi 10 persen dibandingkan mesin lain.